SOLAHART | CV.Tirtajaya Indotama

Monday, January 19, 2015

Review Film : Hijrah Cinta

Jadi ceritanya, tadi sore gue abis diajak nonton film. Nah, waktu film ini diputer di bioskop gue ga sempet nonton (atau tepatnya gaada yang ngajakin wkwk). Jadilah kita nonton Hijrah Cinta di kama.

Sebenernya sebelum nonton ini gue mikir, kok berlebihan banget sih ustad dibikinin film kaya gitu. But wait, apa yang gue fikirin salah berat. It's not about whom, it's about the lesson inside.

Alur yang ditawarkan di film ini emang udah banyak dipake di perindustrian film Indonesia, ditambah cap film religi yang bisa ngebuat penikmat film mikir dua kali. Bukan karena malas buat nonton film agama, tapi karena film-film bergenre sama yang sudah ada sebelumnya hanya bisa bertahan dihati 5 menit. Adab, azab, pembalasan, tobat. yang ada penonton hanya disuruh main tebak-tebakan.

Tapi Hijrah Cinta sukses mengcover itu semua.

***

Di awal cerita kita akan dikenalkan oleh sosok Jefri (Alfie Afandy), remaja tempo dulu yang berprofesi sebagai aktor yang lumayan terkenal dan seorang model. Kehidupannya seperti remaja umum, punya banyak teman dan suka bersenang-senang. Sayang, semua karir yang tengah dibangunnya itu harus kandas karena keteledorannya, mencandu narkoba.

Singkat cerita Jefri jatuh cinta dengan Pipik (Revalina S), model cantik yang ternyata lebih dulu menyukai Jefri lewat tv. Semuanya berjalan biasa, seperti pasangan pada umumnya.
Saat pacaran Jefri selalu kasar, meminta uang ke Pipik secara paksa, untuk beli drugs,  lalu meminta maaf di jam-jam setelahnya. Terjadi beberapa kali. Jefri berjanji untuk memenuhi apapun kemauan Pipik demi maaf darinya. Pipik ingin Jefri sembuh. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menikah dengan sedikit perjuangan.
Jefri yang pengangguran seperti orang yang tidak punya tujuan hidup, hingga Pipik mendapatinya tengah menyuntikkan barang2 haram lagi. Sebenarnya bukan lagi, Jefri memang tidak pernah sembuh.

***

Sekilas gambaran awal film. Membosankan? NO! Gue ga nyesel ngabisin lebih dari satu setengah jam buat mantengin film ini. Film religi yang ga niat buat menggurui, semua ceramah terkemas rapih hingga tak dapat dikatakan masuk kuping kanan keluar kuping kiri.

Kak Alfie Afandy yang meranin UJ (Alm.Ust.Jeffri Al-Buchori, tokoh inspiratif film) bener-bener ngebuat gue ngerasa bahwa UJ ikut ada di film itu. Merinding. Ada scene dimana Jefri di film itu terlalu terlarut dalam narkobanya dan berhalusinasi. Actingnya tampak alami dan nggak dipaksain. Apalagi saat Pipik keluar dari perusahaan tempat ia bekerja dulu dan memutuskan untuk merawat Jefri. Ia hamil. Jefri tidak siap dan merasa tidak bisa lepas dari narkobanya. Ia sakau, tapi Pipik bersedia merehabnya sendirian. Umi (Ibu) dari Jefri dan adik-adiknya yang tinggal serumah dengan mereka menyerahkan kepercayaan itu pada Pipik. Gue terharu disini, segitunya ya seorang istri? Cuma ada yang kurang dalam scene ini. Kurang lama:(

Konflik-konflik yang muncul ngebuat gue ga ngerasain satu jam awal film, kilas balik gimana Jefri bisa jadi kaya gitu, gimana dia ngeliat Abi(ayah)nya  ngusir dia dari rumah dulu di depan matanya sendiri. Sampe rumitnya sikap Jefri ke pipik yang gue akuin bagus banget, ngebuat gue bingung sendiri apa yang dia rasain sebenernya.

Lanjut ke 4 bulan setelah rehab, Jefri udah sembuh dan mau berubah. Cuma ya, masyarakat ga nerima segampang itu. Ada scene dimana Jefri ditunjuk jadi imam sholat, dan guess what? Beberapa shaf di belakangnya kosong saat selesai salam. Padahal awalnya ada banyak orang disana. Miris. Ditambah Jefri harus lagi-lagi mendekam di penjara.

***

Gue cuma bisa ngasih sedikit gambaran film ini, cuma ya film ini layak banget buat nonton. Lagi-lagi gue harus muji acting Kak Alfie Afandy yang bener-bener bisa mendalami tokoh Jefri ini. Film ini emang ga bikin gue nangis, tapi mampu bikin airmata gue netes. Gabisa dipungkiri kalo film ini emang mengharukan. Disini kita dapet banyak banget pelajaran tanpa terkesan diajar. Ceramah-ceramah yang disampaikan di beberapa scene mengalir begitu aja dan justru malah ngebuat gue agak ngeri. Nyampe gitu di otak, bahkan di hati.

Seenggaknya nambah satu lagi daftar film-film bagus di Indonesia. Gue recomendasiin film ini. Bener-bener bagus, kena, dan nyentuh.

My rating: 8/10

No comments:

Post a Comment